Kamis, 22 November 2012

PROFILE MOTO GP INDONESIA RAFID TOPAN


Rafid Topan (INA) Meraih Mimpi di Balapan Moto2 Valencia











13526851471084573469
dok.foto maniak.motor
Penampilan awal yang lumayan ditampilkan Rafid Topan pada ajang balapan moto2 di sirkuit Ricardo Tormo,Valencia Spanyol. Walaupun sempat terjatuh di lap ke 16 dan masih bisa meneruskan lomba sampai akhir dan finis di posisi ke 30.
Berbekal perestasi yang sudah pernah diaraihnya Rafid Topan sudah terdaftar di Dorna untuk musim balap 2013. Dan ini adalah berkat kerjasama IMI (Ikatan Motor Indonesia ) dengan QMMF ( Qatar Motor & Motorcicle Federation). Adapun perestasi yang sudah diraih antara lain Juara Nasional kategori pemula Yamaha Cup Race 115 cc th 2007, 2008 dan Juara KAtegori senior 125 cc dan 115 cc th 2009, Urutan ke tiga kelas udnderbone 115 cc petronas Asia Road Racing Championship. Terakhir Juara Underbone 115 cc Petronas Asia Road Racing Championship dan Juara Indoprix 2012.
Rafid Topan tampil di balapan moto2 di Valencia kemaren merupakan sebagai penganti Antoni West pembalap Australia yang disangsi selama sebulan, karena gagal melewati hasil tes dopingnya dalam balapan diseri Le Mans Prancis Mei lalu.
1352686007344351599
pada lap ke 16 Rafid Topan terjatuh tapi masih bisa meneruskan lomba.dok. motogp.com
Dari data hasil pertandingan di situs resmi motogp.com Rafid Topan dari team QMMF Racing Team tercatat rata kecepatannya 120.2 Km/per jam, waktu tercepat Topan didapat pada Lap ke 15 dengan catatan waktu 1 menit 49.02 detik. Sementara untuk catatan waktu tercepat dibalapan kemaren 1 menit 46.44 detik dipegang oleh Juara Dunia moto2 th 2012 Marc Marquez dari Team Catalunya Caixa Repsol.
Kalau dilihat dari pencapaian Rafid Topan kemaren rata pencapaian perlap yang konsisten 1 menit, 49 detik. Dan kalau dibandingkan dengan hasil Marc Marquez rata2 per lap Rafid Topan ketingalan 2 detik.
Dari data Top Speed yang dicapai Topan 256 km/jamangka itu merupakan urutan ke 22 Top Speed dari 33 peserta lomaba moto2, dengan angka diatas 256 km/jam Rafid Topan telah melewati pencapaian Rathapak Wilariot dari Thailand.
Akhirnya pengalaman pertama yang secara keberuntungan didapat Rafid Topan pada musim balap 2012 ini bisa menjadikan bekal pelajaran yang sangat berharga sekali untuk musim balap moto2 2013 nanti. kalau kita melihat ke negri tetangga Malaysia yang sudah lebih dulu tampil di ajang balap motor tingkat dunia ini, memang kita harus akui kita masih butuh waktu.


MOTO2 VALENCIA

RAFID TOPAN MENCAPAI FINISH


MAKASSAR--Perjuangan pembalap motor Indonesia satu-satunya di ajang Moto2 yang digelar di Valencia, Spanyol, malam ini yaitu Rafid Topan Sucipto kandas di urutan terakhir meskipun berhasil mencapai garis finish.
Berdasarkan siaran langsung di televisi dan data pertandingan di situs resmi motogp.com malam ini, (11/11), pebalap tim QMMF Racing Team itu membukukan rerata kecepatan di 120,2 Km per jam dalam debutnya.
Pemuda yang baru berusia 17 tahun itu menggunakan motor bernomor 97 dan mengawali lomba dari posisi 31 dari total 33 pebalap.
Hasil pertandingan menunjukkan Rafid membukukan waktu tercepat di lap 15 dengan catata 1 menit 49,02 detik.
Catatan waktu tercepat dicatatkan 1 menit 46,44 detik yang dibukukan juara Moto2 di Valencia sekaligus juara dunia Moto2 2012 yaitu pebalap tuan rumah Marc Marquez dari Team Catalunya Caixa Repsol.
Rafid tampil di balapan terakhir Moto2 itu menggantikan atlet QMMF lain yaitu Antony West yang disanksi sebulan karena gagal melewati tes doping ketika memacu motornya di Le Mans pada Mei lalu.
Pebalap wanita pertama Moto2
Di akhir pertandingan, tiga pebalap tak sampai di garis finish, termasuk pebalap wanita pertama Moto2 dunia asal Spanyol yaitu Elena Rosell, yang juga rekan setim Rafid.
Dua pemacu motor Moto2 yang tak sampai di garis finish lain adalah Takaaki Nakagami dari Italtrans Racing Team dan Johann Zarco dari tim JIR Moto2.
Dalam ajang Moto2 terakhir musim 2011--2012 itu, Marquez berhasil finish di urutan pertama, diikuti Julian Simon dan Nicolas Terol.
Hasil tersebut mengukuhkan posisi Marquez di urutan puncak posisi dunia Moto2 2012 dengan 324 poin, di atas Pol Espargaro dengan poin 268 dan Andrea Iannone dengan poin 193.
Balapan Moto2 akan segera dilanjutkan dengan Moto GP di sirkuit yang sama, yang akan membuktikan ketangguhan Dani Pedrosa mencederai gelar juara dunia yang sudah direnggut Jorge Lorenzo.
Lorenzo membukukan gelar juara 2012 di sirkuit Phillips Island, Australia, satu race sebelum musim berakhir..

Rafid Topan Gantikan Anthony West di Valencia


Rafid Tofan,kelahiran Bekasi 24 Agustus 1994 ,.Dgn Karier Di Moto Gp Indonesia :
1.Juara 1 Seri I I I Asian Road Racer 2011,India (Race 1 & 2),Juara 1 Seri 2..2.Asia Road Racer 2011 Indonesia,Race 1 & 2, Juara 1 Indo Prix 2011 Seri 1 & 3,Sentul (125.Cc)  & Seri 1 Sentul (110.Cc) Sentul.3.Juara 1,Seri 1 Asia Road Racer 2011 Malaysia (Seri 1),Peringkat 3..

Pembalap Indonesia, Rafid Topan Sucipto, ditunjuk oleh tim Qatar Motor and Motorcycle Federation untuk menggantikan Anthony West pada ajang Moto2 pada seri terakhir di Valencia, Spanyol. West harus diganti karena mendapat sanksi akibat tidak lolos uji doping.            
"Kesialan bagi West menjadi keberuntungan bagi Topan karena dia berkesempatan untuk merasakan persaingan di Moto2 dan mencoba sepeda motor yang  dibangun untuk ajang itu," kata A Judiarto, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI, Senin (5/11/2012) di Jakarta.
Pekan lalu, West dinyatakan gagal melewati tes doping, pascalomba di Le Mans, Perancis, pada 20 Mei 2012. Menurut Federasi Motorsport Internasional  (FIM) sampel milik West mengandung Methylhexaneamine, yang masuk daftar zat perangsang yang dilarang
Dua pekan lalu, Topan sudah bergabung dengan tim QMMF untuk mengikuti Moto2 pada musim 2013. Namun, karena tim QMMF tidak memiliki pebalap cadangan, Topan  akhirnya   dipanggil ke Valencia.
Topan berangkat dari Jakarta pada Senin (5/11) malam dan rencananya akan sampai di Valencia pada Selasa (6/11). Di Valencia, Topan akan langsung diminta untuk berlatih dengan sepeda motor yang baru.            
"Saya sangat gembira mendapat kesempatan untuk berlaga di Moto2 kali ini. Saya  akan memanfaatkan kesempatan ini untuk menimba pengalaman," kata Topan, yang dihubungi saat berada di Bandara Soekarno-Hatta.            
Menurut Topan, tim QMMF tidak membebani dirinya dengan target apapun di ajang itu karena baru pertama kali berlomba. Namun, Topan yakin dapat tampil maksimal karena sepeda motornya lebih mudah dikendarai.

Rafid Topan Berlaga ke Moto2


VALENCIA, - Rafid Topan Sucipto mendapatkan blessing in disguise. Saat pembalap Anthony West dari tim QMMF (Speed Up) diskorsing karena kasus doping, Rafid mendapatkan kesempatan emas, berlaga di ajang bergengsi Moto2.
Rafid akan bertarung pada Grand Prix Valencia akhir pekan ini, Minggu 11 November.

Seri tersebut merupakan yang terakhir dari 18 seri kejuaraan yang berada satu level di bawah MotoGP tersebut. Pembalap kelahiran Jakarta 24 Agustus 1994 tersebut akan berada satu tim bersama pembalap asal Spanyol Elena Rosell. Semalam, Rafid bertolak ke Valencia dari Jakarta.         

Bagi Rafid, ikut membalap di Valencia merupakan sebuah peningkatan bagus. Sebab inilah debutnya di ajang kelas dunia. Sebelumnya, Rafid sudah menjadi juara nasional, meraih medali emas PON 2012, juga kampium FIM Asia Underbone 115cc musim 2011. Tahun ini, Rafid ikut dalam kejuaraan 600cc Supersport Asia Road Racing.  

Keikutsertaan Rafid membuat Ketua IMI DKI Jakarta A Judiarto bangga. Dia mengatakan, Rafid harus mendapatkan dukungan besar karena potensinya yang sangat besar. “Dia sangat menonjol. Usianya masih 18 tahun, namun kontribusinya bagi Indonesia sangat penting,” ucap Judiarto kemarin.

Judiarto menambahkan prestasi Rafid cukup sensasional. Selain menjadi juara Indoprix, Rafid juga meraih emas PON nomor 125 cc meski start dari posisi belakang.
“Mari kita berdoa bersama-sama agar dia bisa menyumbangkan yang terbaik. Kalau sudah masuk kelas dunia seperti ini, mentalitasnya jelas akan lain,” imbuhnya.

Judiarto menuturkan, sejatinya keikutsertaan Rafid lebih cepat dari perkiraan. Padahal, sejatinya tahun depan Rafid akan ikut tes bersama tim QMMF. Jika hasil di Valencia bagus, bisa saja Rafid tidak akan tes, namun bisa langsung bergabung dengan QMMF.  

Sementara itu, West bakal menerima sanksi skorsing selama sebulan karena hasil tes dopingnya positif pada Mei lalu di Le Mans, Prancis. Padahal performanya sedang moncer. Dalam dua seri terakhir di Malaysia dan Australia, pembalap asal Australia tersebut terus menjadi runner-up

“Berdasarkan hasil itu pula, Anthony West juga didiskualifikasi dari Grand Prix seri empat di Le Mans,” tulis statement resmi Federasi Balap Motor Internasional
GP Valencia
Marquez Fantastis dan Spektakuler, Rafid Topan Finis di Posisi Ke-30
November 2012,


VALENCIA,
Marc Marquez memperlihatkan aksi yang sangat fantastis dan spektakuler pada seri terakhir balapan Moto2 musim 2012 di Valencia, Minggu (11/11/2012). Start dari posisi paling belakang, pebalap tuan rumah ini berhasil melibas semua musuhnya untuk menjadi pemenang, sekaligus mencetak kemenangan kesembilan sepanjang musim 2012, sebagai penyempurna keberhasilannya menjadi juara dunia.


Seharusnya, Marquez start dari posisi kedua karena pada kualifikasi sehari sebelumnya, pebalap Spanyol ini berada di belakang kompatriotnya pemegang pole position, Pol Espargaro, yang harus puas finis di posisi kedelapan karena sempat mengalami kecelakaan. Akan tetapi, karena harus menjalani hukuman akibat insiden kecelakaan pada latihan bebas kedua yang membuat Simone Corsi jatuh, Marquez start dari grid paling belakang.

Kondisi tersebut tak melunturkan semangat Marquez, yang dua pekan lalu sudah memastikan diri menjadi juara dunia Moto2 setelah finis di posisi ketiga GP Australia. Ketika lampu merah padam tanda lomba dimulai, dia sudah melejit dari posisi 33 ke urutan ke-11 di Tikungan 14. Pekerjaan Marquez bakal bertambah berat karena di posisi terdepan, Julian Simon terus menjauh dengan keunggulan sembilan detik.

Perlahan tapi pasti, Marquez mulai merangsek ke depan. Pebalap berusia 19 tahun yang musim depan pindah ke MotoGP untuk menjadi tandem Dani Pedrosa di tim Repsol Honda ini terus memangkas gap. Usai melewati Nicolas Terol, Marquez mulai membidik posisi Simon.

Benar saja, saat balapan tersisa dua lap lagi Marquez sukses menyalip Simon dan berhasil mempertahankan posisi hingga lap terakhir. Ketika menyentuh garis finis, Marquez unggul 1,2 detik atas Simon, yang harus puas menjadi runner-up, dan posisi ketiga ditempati Terol.
Thomas Luthi finis di urutan keempat. Dia mengalahkan Dominique Aegerter dalam perebutan posisi tersebut, di mana pertarungan itu sempat melibatkan Marquez dan Gino Rea di awal lomba.

Rea mampu bertahan, bahkan terus berada di depan Marquez, sebelum dia jatuh dan akhirnya finis di urutan ke-12. Sementara itu Marquez dan Aegerter sempat saling bersenggolan dalam sebuah momen di area pengereman Tikungan 1, yang mana Marquez langsung meminta maaf.

Bagaimana dengan pebalap Indonesia yang melakukan debutnya di ajang Moto2? Rafid Topan Sucipto, yang didaulat menggantikan posisi Anthony West di seri pamungkas ini harus puas finis di urutan ke-30 dengan pautan waktu yang sangat jauh. Topan tertinggal dua lap.
Meskipun demikian, Topan pasti mendapatkan pelajaran yang sangat berharga karena ini adalah pengalaman pertama pebalap berusia 18 tahun tersebut. 
- Hasil Moto2 GP Valencia

1. Marc Marquez SPA (Suter) 48m 50.706s
2. Julian Simon SPA (Suter) 48m 51.962s
3. Nicolas Terol SPA (Suter) 49m 2.078s
4. Thomas Luthi SWI (Suter) 49m 3.712s
5. Dominique Aegerter SWI (Suter) 49m 4.531s
6. Jordi Torres SPA (Suter) 49m 18.617s
7. Mika Kallio FIN (Kalex) 49m 27.044s
8. Pol Espargaro SPA (Kalex) 49m 29.041s
9. Toni Elias SPA (Kalex) 49m 30.125s
10. Esteve Rabat SPA (Kalex) 49m 30.182s
11. Andrea Iannone ITA (Speed Up) 49m 30.913s
12. Gino Rea GBR (Suter) 49m 31.903s
13. Dani Rivas SPA (Kalex) 49m 32.474s
14. Yuki Takahashi JPN (FTR) 49m 32.649s
15. Ricard Cardus SPA (AJR) 49m 33.009s
16. Bradley Smith GBR (Tech 3) 49m 33.770s
17. Simone Corsi ITA (FTR) 49m 40.676s
18. Tomoyoshi Koyama JPN (Suter) 49m 42.345s
19. Randy Krummenacher SWI (Kalex) 49m 43.904s
20. Axel Pons SPA (Kalex) 49m 45.338s
21. Marcel Schrotter GER (Bimota) 49m 47.107s
22. Scott Redding GBR (Kalex) 49m 47.680s
23. Alessandro Andreozzi ITA (Speed Up) 49m 50.385s
24. Ratthapark Wilairot THA (Suter) 50m 6.907s
25. Mattia Pasini ITA (FTR) 50m 7.058s
26. Roman Ramos SPA (FTR) 50m 9.060s
27. Xavier Simeon BEL (Tech 3) 50m 16.940s
28. Mike Di Meglio FRA (Kalex) 50m 20.236s
29. Eric Granado BRA (MotoBI) 1 lap
30. Rafid Topan Sucipto INA (Speed Up) 2 laps  

Pembalap Indonesia, Rafid Topan Sucipto Gantikan West di Moto2
VALENCIA.Pembalap Indonesia, Rafid Topan Sucipto, bakal menggantikan pembalap QMMF, Anthony West, di ajang Moto2 pada seri balapan terakhir GP Valencia, akhir pekan ini. West dihukum satu bulan tak boleh tampil oleh FIM karena gagal menjalani tes anti doping  di Le Mans, Prancis, medio Mei lalu.
Seperti dikutip Crash.net, Selasa (6/11), West tak melakukan banding. Timnya, QMMF langsung mencari pembalap pengganti. QMMF pun menjatuhkan pilihannya kepada Sucipto, pembalap muda tanah air yang memenangkan sejumlah kejuaraan nasional. Pembalap 17 tahun ini baru saja terjun di kelas Supersport Asia Road Racing 600cc. Balapan ini merupakan debutnya di ajang Grand Prix.
West, yang berasal dari Australia ini menorehkan prestasi yang cukup bagus di ajang Moto2. Pembalap 31 tahun menjadi runner up di dua seri terakhir Moto2 yakni GP Malaysia dan GP Australia.
Kegagalannya dalam menjalani tes anti doping membuat posisi finis West di urutan ketujuh GP Le Mans, Prancis dibatalkan.  Urutan ketujuh diberikan kepada pembalap tim Speed Up, Moriwaki.
Sementara itu, pembalap belia Sucipto akan mendampingi pembalap perempuan Elena Rosell di tim QMMF. Pemilihan pembalap merah putih ini bukan tanpa alasan. Sucipto berhasil menolehkan sejumlah prestasi gemilang seperti juara di kelas Underbone 115cc PETRONAS Asia Road Racing Championship.<Adtya Dwi Cahya>..

0 komentar:

Posting Komentar