Jumat, 23 November 2012

EVENT OFF ROADER INDONESIA 2012









News
Event Bhayangkara International Offroad 2012, Event yang Tertunda


Sebelumnya pasti JIPmania sudah mengetahui event bergengsi yang pernah diadakan di Tanah Air ini. Bhayangkara International Extreme Offroad 2012 yang diadakan di Batulicin, Kalimantan pada 22-24/6 lalu. Event internasional ini diikuti peserta dari luar negeri, juga memiliki total hadiah terbesar. Sebuah kecelakaan terpaksa menghentikan jalannya pertandingan. Dan perebutan piala 30 besar pun terpaksa ditunda.
Baca berita event sebelumnya disini,.
Setelah tertunda beberapa bulan karena berbagai macam halangan. Panitia event pun akhirnya mengadakan kembali event ini pada 20/10 kemarin. Kali ini event ini bernama Bhayangkara International Offroad 2012, yang berlokasi di Banjarbaru, Kalimantan.
Dari 30 peserta, ada 23 yang hadir mengikuti pertandingan kembali. Namun ada 3 kendaraan peserta tidak dapat mengikuti pertandingan karena masih dalam penyebrangan. Total ke 20 peserta ini pun mati-matian berjuang mendapatkan hadiah yang menggiurkan.
Untuk mengantisipasi terulangnya kecelakaan dalam event. Para penonton kali ini berada dilokasi yang aman dari lintasan trek. Para marshal yang dipilih kali ini adalah Satuan Brimob Kalsel. Beberapa anggota Brimob lainnya juga ramai turut mengatur para penonton agar tidak mendekati lintasan.
Kondisi trek kali ini berbukit dan beberapa kubangan air yang cukup dalam. Memang terlihat mudah, namun peserta cukup kelabakan saat melalui. Terdiri dari 4 SCS yang memiliki karakter dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.
Pemenang pertama pun jatuh kepada Wahyu Lamban dari tim Jangkar Miring, yang berhasil membawa satu unit Mitsubishi Pajero Sport Dakar. Juara kedua direbut oleh Surya Padly, peserta asal Banjarmasin yang berhasil mendapatkan hadiah Mitsubishi Triton Double-Cab. Sedangkan posisi ketiga jatuh kepada Joko Penyet dari tim J-Adventure, yang mendapatkan hadiah Mitsubishi Triton Single-Cab.

Djarum Super 4X4 Real Adventure Offroad 2012 seri 1

Djarum Super 4X4 Real Adventure Offroad 2012 seri 1
Kejuaraan nasional adventure offroad bernama Djarum Super 4X4 Real Adventure Offroad 2012 seri 1 besutan Genta Auto & Sport, Seri pertamanya dimulai dengan mengambil lokasi di sirkuit BSD City, Tangerang yang dimulai Sabtu, 14 April 2012
"Dihari Sabtu ini peserta akan menyelesaikan sebanyak 5 spesial stage (SS). Siang tadi peserta sudah menyelesaikan 3 SS dan malam ini mereka harus menyelesaikan 2 SS lagi," ungkap Gunawan selaku Ketua Penyelenggara dari Genta Auto& Sport
PT. Rentalindo bekerjasama dengan EO menyediakan 4 video camera untuk mendokumentasikan acara Kejuaraan Nasional tersebut

EVENT OFF-ROAD
GUBERNUR CUP JAMBI EMAS XTREME OFF-ROAD 2012, Tricky Track


JIP - Seperti itulah gambaran trek di tiap SCS garapan Greefion Kamil dari Fnf pada event Gubernur Cup Jambi Emas Xtreme Off-Road 2012 di kawasan Lingkar Barat, Paal 10, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi kali ini. Event yang digelar awal Januari lalu bertepatan dengan HUT Kota Jambi ke 55 memang menyuguhkan beberapa format trek yang bervariasi.

Aturan melahap trek pun tak harus melalui pita pembatas. Sebagian ada yang memakai  format gate. Dimana peserta melintasi 2 patok yang diwajibkan dan harus dilewati secara berurutan sesuai nomor gate. Di sini peserta dibebaskan dalam memilih jalur. Salah strategi atau salah memilih jalur mana yang akan dilalui, sudah dipastikan waktu tempuh menjadi molor pula.

Tidak heran, sebelum start SCS dibuka, banyak offroader beserta co-drivernya sibuk memilih-milih jalur dan menentukan posisi mobil saat melewati gate nanti. “Tidak bisa cuma asal gaspol aja nih treknya. Peserta juga dipaksa mikir untuk menentukan jalur mana yang dipilih,” ujar Mario Alvin dari DEZEN 4x4.

Meskipun diberi kesempatan mempelajari trek, namun masih ada juga beberapa peserta yang  hanya mengandalkan hasil “terawang jarak jauh”. Artinya tak mau melihat jalur trek dari dekat untuk mengetahui kondisi sebenarnya. Atau malah ada yang tinggal meng-copy-paste dari peserta yang startnya lebih awal. Hasilnya jelas, atraksi klontang pun kerap dijumpai. Karena trek hasil copypaste diambil dari peserta yang spek jipnya berbeda.

Seperti dialami H. Nursal dari tim Basemah, “Padahal masuk gate tadi seharusnya pelan aja, terlalu cepat jadinya begini deh…,” komentarnya mengenai trek sesaat setelah klontang bersama Jimny-nya.

Gelaran off-road di awal tahun ini cukup mendapat sambutan hangat. Terbukti jumlah peserta lokal maupun luar Jambi berhasil terkumpul sebanyak 74 offroader. “Inginnya sih bikin minimal 3 seri event seperti ini. Supaya Jambi makin sering dikunjungi offroader luar daerah dan kualitas offroader lokal pun makin meningkat dan berprestasi,”bilang H. Bujang Nasri, wakil ketua penyelenggara event ini.
Sip semoga terwujud!

Seputar trek
-    Untuk mengisi kekosongan waktu pada saat menunggu pengumuman hasil lomba dari kamar hitung, panitia membuka kelas Champ of the Champ sebanyak 2 SCS.

-    Akibat patah as stir, Vincent BU-GIL alias bule gila, terpaksa finish dengan cara mendorong mobilnya dibantu co-drivernya Hidir Abdil yang bertugas membelokkan roda depan pada saat mengikuti Champ of the Champ.

-    Kompol Andy Ervin SIK sempat “menyelam dan minum air” saat kendaraannya klontang dan tercebur ke kolam yang airnya cukup dalam. Untungnya Bang Andy cepat melepas safety belt untuk segera keluar dari kendaraannya yang terbalik.

-    Selain petugas marshal dari TNI, event kali ini juga dibantu oleh “tim bodrex”, sebutan tim kecil yang beranggotakan remaja di bawah komando Bang Ook Pinse dari Jambi untuk bertugas sebagai runner dan tersebar di tiap SCS.

-    Saat panitia bersiap kembali ke hotel, tiba-tiba Greefion Kamil mendapat kabar bahwa ada 2 peserta yang sudah siap di salah satu SCS, padahal SCS sudah ditutup. Berhubung tim marshall sudah kembali ke rumah masing-masing, Greefion Kamil, petugas kamar hitung, master track, MC Pudjo cucakrowo, termasuk JIP, akhirnya harus rela menjadi marshal dadakan. He…he…he….

-    Tidak mau kalah dengan offroader, aksi menerbangkan mobil sempat dipertontonkan oleh Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Fachrori Umar, M. Hum yang sempat menjajal trek Champ of the Champ dengan menggunakan salah satu kendaraan milik peserta. Hmmm ….ada rencana ikutan off-road Pak? Hehehe…

Hasil Lomba
Kelas Standar

1.  53 DEDI JIMNY/INDRA         JAMBI         592
2.  52 PARREL/EKO                  JAMBI         573
 3. 66 WALUYO/JOKO              JAMBI          537

Kelas UN 2.500 cc

1. 6  USRUL HADI/SURYA EFE        JAMBI            725
2. 25 ALEX/JUFRI                          SOLOK          702
3. 61 ORIS QINCAI/DARUL           KERINCI         674

Kelas UP 2.501 cc

1 . 12  BUHARI/PLAMBANG                    JAMBI             796
2.  15  AGUS ANZARI/SAFRIZAL         BENGKULU         701
3. 26  ISKANDAR HANAFIAH/IS          BENGKULU         683

Juara Umum

1 . 12  BUHARI/PLAMBANG            JAMBI           796

<Adtya Dwi Cahya>......


0 komentar:

Posting Komentar